COMING SOON
Manfaat Kesehatan yang Bisa Di Dapat Dari Lengkuas
December, 27 2014 14:06:29

Lengkuas atau dalam kajian ilmiah dikenal sebagai Alpinna Galanga, dikenal sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Kalau melihatnya secara fisik, lengkuas sangat mirip dengan jahe dan kunyit, tapi anda sebenarnya bisa dengan mudah membedakannya dengan cara menghirup aromanya yang khas dan menyegarkan.

Selain kerap digunakan sebagai bumbu masak, seperti dikutip dalam laman stylecraze.com, berikut merupakan beberapa manfaat kesehatan dari lengkuas.

Kaya gizi

Walaupun jarang dikonsumsi secara langsung, tapi makanan yang diolah dengan bumbu tambahan lengkuas pasti akan lebih segar dan nikmat. Selain itu, lengkuas juga sangat kaya kandungan serat alami yang baik untuk pencernaan, kaya akan kandungan zat besi, vitamin A dan C, natrium, flavonoid, emodin, fitonutrien, beta sitosterol, galangin, quercetin dan lainnya.

Meredakan mabuk perjalanan dan morning sickness

Karena memiliki aroma yang cukup kuat, banyak yang menggunakan lengkuas sebagai terapi untuk meredakan mual ketika mabuk kendaraan. Tidak hanya itu, ibu hamil yang merasakan morning sickness, bisa memanfaatkan lengkuas sebagai alat terapi.

Memperlancar aliran darah

Mungkin agak sedikit aneh kalau anda membuat jus lengkuas, tapi jangan salah. Dengan mengkonsumsi jus lengkuas dalam takaran yang tepat, beberapa penelitian membuktikan kalau cara ini mampu melancarkan peredaran darah. Selain itu, jus lengkuas bisa membantu anda menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Mengobati luka bakar

Lengkuas dikenal memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi dan bersifat anti peradangan. Hal inilah yang membuat lengkuas dipercaya sebagai salah satu tanaman herbal yang sangat baik untuk menyembuhkan luka bakar. Cara penggunaannya cukup mudah, anda tinggal memarut lengkuas, kemudian tempelkan parutan lengkuas diatas kulit yang terbakar.

Mengatasi penyakit kulit

Kalau anda memiliki masalah penyakit kulit, seperti gatal, panu, kurap dan lainnya, anda bisa menggunakan lengkuas. Caranya menggunakannya, anda bersihkan dulu lengkuas, setelah itu parut lengkuas, dan haisl parutan lengkuas ini di tempelkan diatas kulit yang sakit.

Memperkuat akar rambut

Jus lengkuas bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan rambut dan memperkuat akar rambut. Hal ini karena lengkuas mampu mampu melancarkan peredaran darah, sehingga dengan peradaran darah yang lancar, semua nutrisi yang dibutuhkan rambut bisa dialirkan dengan baik ke dalam kulit kepala.



Page
Related Post