COMING SOON
Jika Anak Anda Berkepala Besar, Otaknya Lebih Cerdas Dibandingkan Anak-Anak Lain
November, 18 2014 05:40:48

Selama ini, banyak sekali orang yang percaya kalau semakin besar otak dan lingkar kepala seseorang, maka kecerdasannya pun akan semakin tinggi. Walaupun begitu, ternyata ini hanya mitos belaka. Dalam kenyataannya, tidak ada hubungannya antara kepala besar dengan tingkat kecerdasan.

Tingkat kecerdasan seseorang, akan bergantung kepada jumlah dari sel otak. Semakin banyak sel-sel otak, maka informasi pun akan semakin banyak dan akan semakin mudah di simpan. Secara teori, kalau semakin besar susunan otak, maka orang tersebut akan semakin pintar, hal tersebut karena sel-sel dalam otaknya akan lebih aktif dan akan lebih cepat berkembang.

Selain itu, para peneliti juga berpendapat kalau, otak yang besar, tidak akan selalu berhubungan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Kalau volume otak dijadikan tolak ukur kecerdasan seseorang, maka seharusnya gajah dan lumba-lumba lebih pintar dari manusia, hal tersebut karena ukuran otak kedua binatang ini jauh lebih besar daripada manusia, bahkan binatang lainnya.

Seperti dikutip dari laman Livescience, para peneliti melihat tolak ukur kecerdasan seseorang serta daya kognitif, bisa didapatkan dari keseimbangan antara berat atau massa relatif otak dengan berat relatif tubuh. Misalnya, rata-rata otak manusia adalah 2,7 pon, sedangkan otak gajah adalah 10,5 pon. Jadi, kalau mengacu kepada teori keseimbangan, jelas daya kognitif manusia akan lebih baik karena perbedaan berat otak dan tubuh manusia relatif berimbang.

Selain teori diatas, perbedaan tingkat kecerdasan seseorang, sangat dipengaruhi oleh faktor lain. Misalnya  berat jenis syaraf, faktor sosial serta perbedaan struktur otak itu sendiri. Selain itu, besar otak seseorang juga tidak ada hubungannya dengan skor IQ atau tingkat kecerdasan yang dihasilkan.

Dengan ini, sudah sepantasnya kita meyakini kalau ukuran otak atau lingkar kepala seseorang, tidaklah menjadi penting, justru yang terpenting adalah, seberapa sering otak tersebut dilatih dan anda gunakan. Bagaimanapun juga, otak yang besar, tidak akan berarti kalau tidak diasah dengan baik.

Demi memaksimalkan perkembangan otak si kecil, anda sangat disarankan untuk memberikan makanan yang bergizi seimbang, dengan diimbangi latihan pembentukan otak. Seperti permainan puzzle, membaca dan olahraga otak. Dengan begini, maka perkembangan otak si kecil akan lebih maksimal.



Page
Related Post