COMING SOON
Olahraga Untuk Ibu Hamil
September, 18 2015 16:11:22

Bunda olahraga merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga kebugaran dan tubuh tetap berstamina. Tak terkecuali bagi ibu hamil. Sayangnya, banyak dari ibu hamil yang malas melakukan olahraga hamil dengan berbagai alasan.

Padahal, untuk Bunda yang sedang hamil melakukan olahraga banyak sekali manfaat yang didapat. salah satunya adalah kehamilan yang sedang dijalani berjalan dengan sehat dan persalinan lancar.

Yang Bunda perlu ketahui bahwa, olahraga bagi Bunda yang sedang hamil berbeda dengan Bunda yang tidak hamil berbeda. Perhatikan intensitas maupun gerakanya ya Bunda. Ingat jangan terlalu berat melakukan olahraganya ya Bunda. Mau tau olahraga apa saja yang bagus untuk Bunda yang sedang mengandung? Yuk baca dibawah ini.

Latihan Pernafasan
Jika usia kandungan sudah memasuki 6-7 bulan usahakan kita sering melakukan latihan pernafasan, karena pada dasarnya latihan pernafasan sangat membantu dan berperan penting bagi persalinan ibu hamil.
Melatih olah nafas saat hamil sangat mudah dan dapat dilakukan disela-sela aktivitas Bunda. Olah nafas dimaksudkan untuk melatih cara bernafas ketika anda menghirup oksigen dan mengeluarkan oksigen sehingga membuat energi anda tercukupi.
Adapun metodenya adalah melatih pernafasan diafragma dan Pernafasan perut sehingga secara mental, Bunda lebih siap menghadapi persalinan terutama persalinan normal. Dengan melakukan latihan senam Pernafasan ini, juga diharapkan akan mempermudah Bunda untuk persalinan secara spontan dan mengurangi rasa sakit saat persalinan.

Jalan Sehat
Mulailah dengan jalan santai di seputar rumah untuk membiasakan diri. Dengan berjalan santai dapat membantu melancarkan peredaran darah yang di butuhkan janin pada ibu hamil. Jalan sehat juga bisa dilakukan di mana saja dan bisa dilakukan hingga akhir kehamilan.
Bunda bisa melakukan olahraga ini selama 30 menit per hari. Selama melakukan olahraga ini, hindari ibu mengalami dehidrasi. Bawa selalu oleh persediaan air minum selama jalan kaki atau jangan melakukannya saat terik di siang hari. Begitu pula, hindari melakukan jalan kaki saat malam hari. Hindari pula jalan kaki dengan jalur yang menanjak.
Hentikan olah raga jalan kaki, jika ibu hamil mengalami perdarahan, sesak nafas, mengalami kontraksi, pusing, mengalami sakit dada, sakit atau kram pada betis, dicurigai adanya pecah ketuban atau setelah jalan kaki adanya kondisi dimana janin pergerakannya jadi berkuran

Berenang
Berenang merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh dokter kandungan. Dengan melakukan renang secara rutin baik untuk menjaga tubuh dan mempersiapkan tenaga untuk menjalani kelahiran.trutama menguatkan otot pada pinggul dan punggung.
Berenang sangat baik sebab sangat bagus melatih otot - otot besar (kaki dan tangan). Memberi manfaat bagi kinerja jantung dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi Bunda hamil yang over weight. Selain itu olahraga berenang dapat menghindarkan Bunda dari dehidrasi. Namun demikian disarankan ibu hamil setiap 15 menit sekali minum satu gelas air selama melakukan olahraga renang dan satu gelas setelah selesai. Olahraga berenang sendiri bisa dilakukan selama 30 menit dalam sehari.
Gaya dada cocok dilakukan oleh ibu hamil karena tidak membutuhkan banyak putaran seperti pada gaya bebas juga hanya membutuhkan tenaga yang minim. Selain itu gaya punggung juga baik dilakukan oleh ibu hamil saat renang karena air dapat mengurangi efek gravitasi pada tubuh dan dengan posisi terlentang menghindari resiko terganggunya aliran darah.

Senam Ibu Hamil
Seperti yang sudah kita ketahui senam ibu hamil adalah hal yang wajib dilakukan untuk memperkuat kandungan dan membantu agar persalinan menjadi mudah. Selain itu senam hamil dapat membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang diperlukan saat persalinan nanti sehingga akan mempermudah proses persalinan.
Lakukan senam dengan teratur dan atas saran dari dokter. Ingat ya Bunda, lakukan senam hamil yang dipandu ahli atau mengikuti kelas-kelas hamil yang saat ini banyak.



Page
Related Post