Tips

5 Cara Melindungi Tubuh dari Ancaman Virus Saat Bepergian

Adanya penyebaran virus membuat orang semakin was-was untuk bepergian. Meskipun ada himbauan untuk tetap berdiam diri di rumah, nyatanya masih banyak aktivitas yang wajib dilakukan di luar rumah, contohnya seperti bekerja di kantor, berbelanja kebutuhan di supermarket, dan lainnya.

Agar Bunda dan keluarga terlindung dari ancaman virus selagi bepergian di luar rumah, ada baiknya untuk mempersiapkan diri dengan 5 cara menjaga kesehatan berikut ini.

Ganti pakaian dan segera mandi saat di rumah

Sepulang dari bepergian, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas alas kaki. Jangan masukkan alas kaki ke dalam rumah, segera pindahkan lokasi penyimpanan alas kaki jadi di depan rumah. Usahakan untuk tidak menyentuh apapun sebelum Bunda mengganti pakaian dan mandi.

Sepulang dari bepergian, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas alas kaki. Jangan masukkan alas kaki ke dalam rumah, segera pindahkan lokasi penyimpanan alas kaki jadi di depan rumah. Usahakan untuk tidak menyentuh apapun sebelum Bunda mengganti pakaian dan mandi.

Apabila Bunda tipe orang yang suka memakai kembali jaket atau celana yang masih bersih, tinggalkan kebiasaan ini. Virus bisa menempel selama berhari-hari di atas permukaan pakaian, juga bisa ditransmisikan ke pakaian lainnya yang tersimpan di dalam lemari. Cuci bersih setiap pakaian yang digunakan di luar rumah.

Kemudian, mandi dengan sabun pun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan di tengah pandemi virus ini. Ingatlah bahwa sabun baru bisa bekerja efektif membunuh kuman bila didiamkan selama kurang lebih 20 detik. Gunakan sabun antiseptik untuk hasil yang lebih optimal, ya.

Bersihkan smartphone dan kacamata

Cara menjaga kesehatan yang satu ini seringkali dilupakan, bahkan dianggap sepele. Padahal, ada banyak sekali virus, kuman, dan bakteri yang menempel pada layar smartphone dan kacamata. Ini tentu saja sangat membahayakan kesehatan Bunda, mengingat layar smartphone dan kacamata ini berdekatan dengan area wajah yang rentan akan penularan virus.

Bagaimana cara membersihkan smartphone yang benar? Semprotkan dengan disinfektan, usap dengan kain microfiber atau tissue bersih hingga kering. Untuk kacamata, Bunda bisa menyemprotkan disinfektan terlebih dahulu, keringkan dengan lap kacamata, kemudian bersihkan kembali dengan cairan khusus pembersih kacamata. Jangan lupa untuk membersihkan juga barang-barang yang Bunda bawa selama bepergian, seperti tas, kunci, sepatu, dan aksesoris.

Lakukan transaksi cashless

Tahukah Bunda bahwa virus corona bisa bertahan hidup di atas permukaan kertas selama lima hari? Coba bayangkan berapa banyak tangan yang menyentuh lembaran uang kertas yang Bunda miliki sekarang atau yang akan diberikan kepada Bunda sebagai uang kembalian. Tentu saja malah akan membuat Bunda semakin berisiko terjangkit virus.

Berpindah ke transaksi cashless merupakan cara menjaga kesehatan yang patut Bunda terapkan. Untungnya, sekarang semakin mudah dengan banyaknya aplikasi dan layanan yang bisa diakses dari smartphone Bunda. Selain itu, Bunda juga bisa melakukan pembayaran melalui kartu debit atau kredit yang Bunda miliki.

Bukan hanya berbelanja kebutuhan sehari-hari saja, tetapi transaksi cashless juga berlaku untuk membayar iuran, seperti listrik, air, dan telepon rumah. Coba unduh aplikasi mobile banking yang memiliki fitur ini.

Ganti masker secara berkala

Masker sifatnya sekali pakai, artinya Bunda tidak boleh memakai masker yang sama selama lebih dari satu hari. Misalnya masker bedah, masker ini harus segera diganti dan dibuang setelah 7 jam pemakaian. Masker kain memang alternatif yang lebih hemat karena bisa digunakan secara terus menerus. Akan tetapi, efektivitasnya lebih rendah bila dibandingkan dengan masker bedah.

Walaupun Bunda mengenakan masker kain, tetap ganti masker ini setiap habis dipakai. Cuci bersih dengan air hangat supaya virus yang menempel mati. Jika Bunda memakai masker kain dengan lapisan filter, ganti juga filter ini setiap pemakaian.

Cuci tangan setelah menyentuh barang

Mencuci tangan adalah cara menjaga kesehatan nomor satu yang wajib Bunda lakukan, terutama setelah menyentuh barang dari luar rumah. Bukan sembarang mencuci tangan, Bunda harus melakukannya dengan benar selama lebih dari 20 detik supaya sabun bisa efektif membasmi kuman. Pastikan seluruh permukaan tangan, mulai dari sela jari hingga pergelangan tangan, sudah terkena busa sabun.

Namun menemukan air bersih dan sabun cuci tangan mungkin sedikit sulit saat Bunda dan keluarga beraktivitas di luar rumah. Tidak perlu khawatir, Bunda tetap bisa menjaga kebersihan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol di atas 60% dan komposisi bahan antiseptik, seperti Konicare Gel Pembersih Tangan misalnya. Kemasan botol yang kecil (30 ml dan 60 ml) membuat hand sanitizer ini mudah untuk dibawa-bawa. Selain itu, Konicare Gel Pembersih Tangan juga mengandung kandungan alami dari ekstrak alpukat yang membuat tangan tetap halus dan lembut.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Widya

makasih infonya

treeika

wajib ttau nih di masa new normal sekarang ini

ifadatun

tq infounya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved