Nature & Health

7 Manfaat Minyak Lemongrass Bagi Kesehatan

Lemongrass atau serai dikenal banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama lemongrass yang sudah diolah menjadi minyak serai. Tidak hanya karena manfaatnya sebagai anti nyamuk atau serangga seperti tanaman serai pada umumnya, minyak lemongrass dipercaya dapat membunuh bakteri dan jamur serta memberikan relaksasi dan mengurangi stres dan rasa cemas.

Minyak lemongrass ini mengandung 70% hingga 80% citral yang berfungsi sebagai zat anti peradangan. Selain citral, minyak serai juga mengandung beberapa zat yang baik bagi tubuh, seperti zat antioksidan geraniol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur, limonene yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti stres, dan kandungan eugenol untuk mengurangi rasa sakit. Berikut beberapa manfaat minyak lemongrass lain yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Mampu melawan bakteri

Moh Irfan Naik dari Allahabad Agricultural Institute-Deemed University India di tahun 2010 telah melakukan riset yang menunjukkan bagaimana minyak lemongrass terbukti memiliki sifat anti bakteri melalui percobaan in vitro. Kemampuan minyak lemongrass untuk melawan bakteri ini terbukti efektif untuk membersihkan dan menyembuhkan luka, serta mencegah terjadinya infeksi.

Mencegah peradangan di tubuh

Minyak lemongrass juga dipercaya dapat mencegah peradangan di tubuh dengan sifat anti inflamasi miliknya. Hal ini didukung oleh riset yang dibuat oleh Khwaja, Hussain, Siddiqui, dan Faiyazuddin.. Ini dikarenakan kandungan citral yang tinggi pada minyak lemongrass.

Dapat membunuh jamur

Studi di tahun 1996 yang dibuat oleh B. Wannissorn dengan judul Antifungal Activity of Lemon Grass Oil and Lemon Grass Oil Cream menunjukkan bahwa minyak lemongrass dapat mencegah penjamuran yang mengakibatkan kudis dan kurap. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dalam membunuh jamur, Bunda harus menggunakan minyak lemongrass murni.

Dalam pengobatan untuk mengatasi jamur yang Bunda lakukan, penggunaan minyak lemongrass cukup 2,5% dari total usaha pengobatan jamur pada kulit untuk mendapatkan hasil yang efektif. Ini setara dengan menggunakan minyak lemongrass dua kali selama seminggu untuk area yang berjamur tersebut.

Mengatasi mual

Minyak lemongrass yang diolah menjadi teh herbal atau suplemen dapat diandalkan untuk mengatasi mual, mencegah tukak lambung, dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Manfaat minyak serai ini sudah terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh C.N. Fernandes, seorang peneliti dari Universidade Regional do Cariri Brazil, pada tahun 2012.

Melawan radikal bebas

Minyak lemongrass kaya dengan kandungan antioksidan yang penting bagi tubuh untuk dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel di tubuh. Di tahun 2015, Dany, Mohanty, Tangade, Rajput, dan Batra melakukan riset yang menjabarkan bahwa kandungan citral dan citronella dalam minyak lemongrass bertindak sebagai antioksidan.

Relaksasi dan mengurangi rasa cemas

Manfaat minyak lemongrass yang terakhir adalah untuk mengurangi rasa cemas dan memberi sensasi relaksasi sehingga dapat menghilangkan rasa stres. Narisa Kamkaen seorang peneliti dari Rangsit Universitas Thailand mendukung pernyataan ini dalam risetnya di tahun 2015.

Kamkaen menunjukkan bahwa minyak lemongrass dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang jadi salah satu faktor rasa stres.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Widya

manfaat bgt

dewiratih

bermanfaat sekali informasinya

ifadatun

infonya membantu sekalii????

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved