Bayi

Cara memandikan bayi

           Menyambut hadirnya buah hati adalah momen yang paling membahagiakan dalam hidup seorang Bunda. Pada saat yang bersamaan, tentu ada kebingungan dan ketegangan yang dirasakan saat merawat hari-hari pertama Si Kecil. Salah satunya pada saat memandikan Si Kecil. Kecemasan dan kekhawatiran Bunda ini disebabkan oleh rapuhnya tubuh Si Kecil hingga Bunda takut tubuh Si Kecil tergelincir dalam bak mandinya. Akibatnya, rutinitas ini sering “diserahkan” pada pengasuh yang lebih berpengalaman. Padahal, memandikan bayi ini bisa menjadi momen bonding antara Bunda dan buah hati yang mendukung pertumbuhan fisik, mental, dan emosional Si Kecil.

          Saat menjadi orang tua baru, wajar jika Bunda melakukan kesalahan-kesalahan. Namun, ada baiknya jika Bunda memahami beberapa hal ini agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan orang tua lain saat memandikan bayi:

  1. Tidak mengeringkan tubuh bayi secara menyeluruh, terutama pada area lipatan. Hal ini bisa meningkatkan risiko infeksi jamur dan ruam popok.
  2. Melewatkan pusar, kuku jari tangan dan kaki, lubang bokong, dan selangkangan untuk dibersihkan.
  3. Meninggalkan bayi berendam. Tubuh bayi masih rentan, sehingga meninggalkannya berendam bisa membuat akibat fatal hingga meninggal dunia.
  4. Menggunakan air mandi dengan suhu terlalu panas sehingga memicu gangguan pada kulit sensitifnya.
  5. Lupa membersihkan bak mandi setelah dipakai.

Source: https://www.shutterstock.com/image-photo/young-mother-holding-newborn-baby-kissing-1039764382          

          Saat Bunda mau memandikan Si Kecil, pastikan Bunda telah memeriksa suhu dan kedalaman air mandinya. Suhu air mandi yang pas untuknya sekitar 37 derajat celcius, dengan kedalaman 5 sentimeter. Tahan bagian kepala dan leher Si Kecil dengan tangan Bunda agar dia tidak tenggelam. Selanjutnya, usap lembut Si Kecil dengan washlap mulai dari kepala, leher, hingga seluruh tubuh, termasuk bagian lekukan dan lipatan. Setelah selesai, angkat Si Kecil dengan kedua tangan Bunda, lalu bungkus dengan handuk yang kering. Jangan lupa berikan pelukan saat menimang Si Kecil sebagai momen bonding.

          Bunda, untuk memandikan Si Kecil memang dibutuhkan waktu dan ketelatenan ekstra. Setiap langkah harus dilakukan dengan cermat, agar Si Kecil juga bisa bertumbuh dengan sehat. Salah satunya, dengan memilih produk Konicare Natural Baby Care sebagai sahabat Si Kecil untuk mandi. Konicare Natural Baby Care ini merupakan rangkaian produk alami khusus untuk Si Kecil, mulai dari Konicare Natural Baby Bath 2in1 Foam/Liquid untuk membersihkan tubuh dan rambut bayi, Konicare Natural Baby Hair Lotion untuk perawatan rambut bayi agar lebih hitam dan lebat, Konicare Natural Baby Liquid Powder untuk melembapkan kulitnya. Untuk menjaga hangat tubuhnya, Bunda juga bisa mengoleskan Konicare Minyak Telon setelah mandi atau saat sebelum tidur. Kehangatan dan wanginya yang bayi banget pasti membuatnya makin nyaman. Yuk, segera dapatkan produk-produk Konicare yang #AlamiMelindungi Si Kecil di e-commerce kesayanganmu dan supermarket terdekat!

 

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ratnarizki29

oke

Rahayu

info yg bermanfaat

nevariyanita

makasih infonya Bunda

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved