Anak

Inner Child Bukan Trauma Saja!

 

Bunda pernah nggak sih mendengar istilah inner child? Belakangan, inner child cukup ramai dibicarakan sebagai trauma masa kecil. Sebenarnya, inner child sendiri merupakan sisi kepribadian yang terbentuk selama masa kecil, yang terbentuk dari pengalaman yang terekam jelas dan membekas dalam dirinya. Pengalaman indah selama masa kecil, akan membentuk inner child yang positif. Sebaliknya, pengalaman buruk saat masa kecil, tentu akan membentuk trauma pada inner child-nya. Dengan kata lain, Bunda memiliki peran penting untuk membentuk inner child Si Kecil, bekal penting untuk masa depannya.

Untuk menghindari trauma inner child, Bunda perlu memiliki pola parenting yang tepat. Diantaranya, Bunda wajib menghindari pola asuh otoriter dan pola asuh uninvolved. Pola asuh otoriter adalah sebuah pola asuh yang memaksa anak selalu mengikuti keinginan orang tua. Dengan pola asuh ini, anak tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Sebaliknya, pada pola asuh uninvolved, orang tua cenderung mengabaikan anak. Akibatnya, anak akan menjadi seorang yang labil dan tidak percaya diri.

 

Sebelum mulai mengelola inner child positif dalam mengasuh Si Kecil, Bunda perlu berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu. Bunda bisa mencoba untuk memaafkan dan merelakan semua yang terjadi di masa lalu. Selanjutnya, Bunda bisa mencoba melakukan beberapa hal ini agar Si Kecil memiliki inner child yang positif:

  1. Bantu anak mengakui dan mengungkapkan perasaannya
    Kebiasaan sederhana ini akan membantu anak mengenali emosi serta langkah yang diambil untuk mengendalikan emosinya.

  2. Ajak anak mengembangkan kreativitas
    Dampingi anak selama berkreasi, agar Si Kecil tumbuh dengan rasa percaya diri pada kemampuannya.

  3. Hindari menghukum anak di depan umum
    Menghukum anak di depan umum akan membuat anak mudah merasa bersalah dan cemas.

  4. Fokus saat sedang bersama anak
    Tinggalkan kesibukan dan gadget ketika sedang bersama anak. Hal ini bisa membuat Si Kecil merasa dicintai dan dihargai

  5. Hindari membuat ancaman kosong
    Ketika anak merasa dibohongi, maka rasa percaya pada orang tua akan berkurang dan akhirnya Si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang sulit mempercayai orang lain.

 

 

Membentuk inner child yang positif bisa juga dilakukan dengan memberikan afirmasi positif pada anak. Oleh karena itu, buat Si Kecil merasa nyaman ya Bunda. Untuk membuat tubuhnya nyaman, Bunda bisa menggunakan Konicare Minyak Kayu Putih yang terbuat dari bahan alam pilihan yang aman untuk Bunda sekeluarga. Aromanya harum alami tanpa tambahan parfum, hangatnya pas dan juga dilengkapi anti nyamuk alami Lavender & Geranium yang memberikan perlindungan efektif selama 8 jam. Usapkan pada tubuh Si Kecil perlahan, sembari memberikan afirmasi positif pada Si Kecil. Dengan kebiasaan baik ini, SI Kecil akan tumbuh memiliki inner child yang positif.

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved