Anak

Cara Menjaga Kesehatan Anak di New Normal

New normal sudah mulai diterapkan. Itu berarti, tidak lama lagi si kecil akan kembali bersekolah atau melakukan aktivitas lainnya di luar rumah. Untuk memastikan si kecil tetap sehat meskipun sudah beraktivitas di luar rumah, Bunda harus mengajarkan prinsip social distancing. Bunda juga sebaiknya menerapkan beberapa poin penting di bawah ini untuk menjaga kesehatan si kecil.

Perhatikan rutinitas harian anak

Penting bagi Bunda untuk mengetahui kegiatan si kecil sehari-harinya untuk menerapkan cara menjaga kesehatan. Tidak hanya kegiatan yang ia lakukan di rumah, tetapi juga kegiatan di luar ruangannya, seperti saat ia akan kembali ke sekolah, atau tempat kursus, atau sekadar bermain di rumah teman yang di lingkungan rumah.

Cari tahu seberapa lama ia akan beraktivitas, siapa saja yang akan ia temui, serta aktivitas seperti apa yang akan ia kerjakan. Dari situ Bunda dapat membantunya mempersiapkan diri, mulai dari berpakaian, menyiapkan masker, hand sanitizer, dan membekali mereka bekal minuman atau makanan.

Selain itu, yang tidak kalah penting, perhatikan rutinitas tidur dan makan si kecil. Pastikan ia tidak terlambat makan, mendapat asupan gizi yang cukup, dan tidur tepat waktu.

Terapkan gaya hidup sehat

Cara menjaga kesehatan dengan menerapkannya ke dalam gaya hidup sebaiknya tidak hanya diikuti oleh si kecil, tetapi juga Bunda dan orang-orang di rumah. Hal ini tentu saja akan membangun kebiasaan yang baik.

Kebiasaan yang harus diterapkan, khususnya dalam situasi new normal seperti hari ini adalah rajin mencuci tangan dengan sabun, baik sebelum dan sesudah makan atau sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tertentu. Biasakan si kecil untuk tetap mengenakan masker saat keluar rumah, menutup mulut menggunakan lengan bagian dalam saat batuk atau bersin, menjaga jarak (tiga sampai empat langkah dari teman atau lawan bicaranya), serta menghindari kontak fisik saat belajar bersama atau bermain bersama teman.

Jelaskan kondisi yang perlu si kecil tahu

Situasi new normal dan pandemi ini mungkin tidak dimengerti seluruhnya oleh si kecil. Namun, ada baiknya Bunda memberitahu alasan dibalik semua kebiasaan baru yang harus ia lakukan. Jelaskan mengapa ia harus memakai masker, cuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kontak fisik.

Gunakan bahasa yang mudah agar si kecil lebih mudah memahaminya. Beri tahu kalau virus COVID-19 ini bisa menular dengan cepat pada mereka yang tidak menjaga diri. Ceritakan juga pada si kecil kalau virus COVID-19 ini sangat berbahaya karena menular sangat cepat. Tetapi, ia tidak perlu takut selama ia terus mematuhi kebiasaan tersebut.

Jangan lupa refreshing

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan refreshing di rumah bersama si kecil karena penting untuk menjaga kondisi mental si anak selama masa-masa ini, terutama saat ia tidak dapat bertemu dan bermain dengan teman-temannya seperti dahulu. Kebiasaan new normal ini bisa saja membuat si kecil jadi merasa jenuh atau stres.

Dengan refreshing dan melakukan aktivitas seru lainnya di rumah, kesehatan mental si kecil dapat terjaga. Bunda bisa jadi teman yang suportif di rumah untuk mengganti teman sebayanya. Luangkan waktu Bunda bersama si kecil sebanyak mungkin di masa-masa ini.

Selain itu, Bunda juga harus tetap tenang dalam segala situasi. Walau akhir-akhir ini kehidupan memang sulit dijalani, tapi usahakan saat menghadapi si kecil Bunda tetap terlihat tenang. Dengan begitu, Bunda tidak membuat si kecil juga merasakan kepanikan dan ketakutan tersebut. Diskusikan hal-hal yang mendesak di ruangan yang jauh dari jangkauan pendengaran si kecil.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Widya

makasih

Widya

sangat membantu sekali

ifadatun

kesehatan tetep nomor 1❤

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved