Anak

Cara Belajar Unik di Rumah Saat New Normal

Praktik new normal juga mulai diterapkan di dunia pendidikan. Di new normal ini, sebagian besar sekolah belum memulai kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kalaupun ada, bisa jadi jam belajar di sekolah dikurangi dan dialihkan dengan metode belajar online.

Jika sekolah si kecil kebetulan menerapkan full belajar di rumah, maka Bunda harus mempersiapkan diri untuk mendampingi si kecil. Agar si kecil tidak cepat bosan karena harus terus-menerus belajar di rumah, berikut beberapa cara belajar yang bisa Bunda ikuti.

Membuat prakarya homemade

Bunda bisa mengajak si kecil untuk membuat prakarya homemade yang bisa ia pakai sendiri, terutama produk-produk seperti masker kain atau sarung tangan yang sekarang sedang dibutuhkan. Dengan berbekal video tutorial membuat masker atau sarung tangan, luangkanlah waktu untuk membuatnya bersama si kecil.

Saat membuat produk-produk ini, Bunda bisa sekaligus menjelaskan pada si kecil fungsi dari benda tersebut. Agar lebih memudahkan si kecil, Bunda bisa memilih tutorial pembuatan masker kain yang paling mudah, seperti membuat masker kain dari sapu tangan yang tidak perlu dijahit misalnya.

Membuat video pendek

Sambil membuat prakarya homemade, Bunda bisa merekamnya dan kemudian menjadikannya video pendek. Agar si kecil tidak terlalu tertekan selama merekam video, buatlah prakarya homemade tersebut dengan santai. Buatlah ia nyaman dengan dirinya sendiri. Jika ia minta berhenti, tidak masalah untuk berhenti. Jika ia minta mengulang merekam videonya, beri si kecil kesempatan untuk mengulang.

Tujuan membuat video pendek ini adalah melatih kemampuan si kecil berbicara di depan kamera dan beberapa orang di rumah. termasuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Cara belajar yang menarik, bukan?

Membuat catatan rangkuman

Mencatat apa yang dipelajarinya di sekolah dapat memperkuat daya anak. Oleh sebab itu, ajaklah si kecil membuat catatan rangkuman. Bukan catatan rangkuman biasa, tapi yang dibuat sambil dihias. Gunakan alat tulis warna-warni untuk menulis dan beberapa kliping gambar yang ditempelkan ke buku catatan sebagai hiasan. Cara belajar ini tidak hanya buat anak jadi memiliki catatan yang rapi dan lengkap, tetapi membantu merangsang kreativitas dalam berpikir.

Anak bercerita, Bunda bertanya

Setelah anak selesai dengan sesi belajar online bersama guru dari sekolahnya, biarkan ia beristirahat sejenak. Setelah full energy, ajaklah si kecil mengobrol ketika ia sedang bermain. Lontarkanlah pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti bagaimana sesi belajarnya tadi. Cari tahu hal-hal yang ia sukai atau merasa sulit dari topik pelajaran tersebut.

Cara belajar yang satu ini pada dasarnya adalah mengobrol ringan dengan si kecil sambil membawanya mengingat-ngingat kembali pelajarannya tadi. Selipkan pertanyaan terkait pelajarannya tadi, lalu perhatikan respon si kecil. Apabila si kecil salah menjawab, segera koreksi lalu lanjutkan percakapan.

Inti dari cara belajar ini adalah membuat si kecil mengingat-ngingat pelajarannya barusan tanpa membuat ia merasa bahwa ia sedang belajar. Itu sebabnya obrolan ini bisa Bunda mulai saat ia sedang bermain atau bersantai sejenak.

Menonton konten YouTube

Cara belajar tanpa merasa sedang belajar lainnya bisa dilakukan dengan mengajak si kecil menonton konten-konten edukatif di YouTube. Konten-konten video pelajaran atau ilmu pengetahuan umum yang dikemas menarik tersedia di beberapa channel di YouTube, Bunda dapat memutarkannya untuk si kecil sebagai sumber wawasan tambahan. Akan lebih baik lagi jika saat menonton didampingi oleh Bunda, sehingga jika muncul pertanyaan-pertanyaan tertentu Bunda bisa membantu menjawab dan memberi pengertian bagi si kecil.

Itu dia beberapa cara belajar yang unik yang bisa Bunda terapkan selama di rumah selama new normal. Jangan takut si kecil kehilangan minat untuk belajar. Dengan cara belajar yang menarik, si kecil tetap bisa menikmati saat-saat belajar karena cara belajar yang tidak biasa itu sendiri.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ifadatun

tq

Widya

boleh jg nih

dewiratih

bermanfaat sekali artikelnya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved