Bayi

Manfaat Membedong Buah Hati

Membedong Buah Hati merupakan salah satu tradisi yang sudah dilakukan secara turun temurun, namun banyak pro dan kontra mengenai ini. Sebenarnya tidak ada masalah jika ada Bunda yang ingin membedong Buah Hati yang baru lahir, namun tujuannya bukan karena takut kakinya bengkok ya. Perlu diketahui, hal tersebut hanyalah mitos belaka, karena kaki lurus atau bengkok tidak dipengaruhi oleh bedong. Lalu apa sih manfaat membedong Buah Hati? Simak infonya berikut ini:

Membantu Buah Hati Tidur Nyenyak

Buah Hati yang baru lahir butuh waktu tidur yang lebih lama untuk tumbuh kembangnya. Dengan membedongnya dengan tepat dan benar, Buah Hati akan merasa tenang dan tidurnya jadi lebih nyenyak seperti sedang dipeluk Bunda.

Mengurasi Resiko Kematian Mendadak (SIDS)

Salah satu manfaat positif dari menbedong Buah Hati adalah mengurangi resiko SIDS. Saat ia dibedong, otomatis posisi tidurnya akan telentang dan akan membuatnya sulit bergerak kemana-mana sehingga melindunginya dari hal-hal berbahaya.

Mencegah Buah Hati dari Masuk Angin     

Tujuan membedong Buah Hati sebenarnya sangat sederhana, yaitu membuatnya tetap hangat dan merasa nyaman. Untuk memberikan kenyamanan selama dibedong, pilihlah kain yang berbahan dasar halus, tidak tebal dan menyerap keringat. 

Agar semakin nyaman, Bunda juga dapat mengoleskannya Konicare Minyak Telon Plus yang juga berkhasiat memberikan rasa hangat dan mencegahnya dari masuk angin. Apalagi wangi alaminya yang bayi banget, jadi makin gemas untuk gendong dan cium Buah Hati terus deh.  


Itulah beberapa manfaat dari membedong Buah Hati. Walau banyak manfaatnya, pastikan Bunda untuk tidak membedongnya terlalu ketat karena justru akan membawa dampak buruk untuknya. Pilihlah bahan yang nyaman dan tebalnya disesuaikan dengan kondisi udara dan pantau terus reaksinya apabila ia terlihat tidak nyaman atau kepanasan.

Perlu diingat, Bunda tidak disarankan membedong Buah Hati di usia lebih dari 3 bulan, karena ia sudah mulai aktif bergerak. Membedong Buah Hati juga tidak ada aturan baku ya, Bun...pilihan membedong Buah Hati keputusannya tergantung Bunda setelah mengenal kelebihan dan juga kekurangannya. Jika merasa ragu dengan hasil bedongan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli atau bidan untuk mengajari teknik yang tepat. Semoga informasinya bermanfaat ya :)
 

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved