Balita

Cara Mendidik Buah Hati Yang Cengeng

Anak kecil identik dengan menangis, namun jika ia sering menangis tanpa adanya alasan yang jelas pastinya akan mengganggu orang disekitarnya bahkan akan dilabeli dengan sebutan cengeng. Sebagai orang tua, Bunda harus mengetahui faktor penyebab si Kecil menjadi cengeng. Jangan sampai sifatnya ini mengganggu perkembangannya dan menjadi hambatan saat dewasa nanti. Kali ini Konicare merangkum beberapa cara untuk mendidik Buah Hati yang cengeng, simak info berikut ini:

Kenali Karakter Buah Hati

Tak ada orang tua yang tidak mengenali karakter anaknya. Semakin bertambahnya usia, si Kecil akan lebih sering memperlihatkan karakter dalam dirinya. Hal inilah yang menjadi tugas Bunda untuk mengenali sifat dan karakternya. Perhatikanlah saat ia bermain, apakah Buah Hati tipe yang sensitif atau lekas tersinggung? Dengan Bunda mengenali karakternya akan semakin mudah bagi Bunda menentukan pola asuh yang tepat saat Buah Hati sedang menangis. 

Jangan Mudah Terpancing

Buah Hati menangis sangat wajar jika memang ada penyebabnya, tapi jika ia menangis meraung dan mengganggu orang lain, Bunda harus cari tahu penyebabnya. Tak sedikit orang tua yang terpancing emosinya menghadapi sikap seperti ini, namun hal ini harus dihindari ya, Bun. Tetaplah tenang dan jangan terbawa emosi, dengan tidak mudah terpancing akan semakin mudah bagi Bunda untuk mengatasi rasa cengengnya. 

Berikan Perhatian Lebih

Banyak orangtua yang lebih sering mengancam atau menakuti jika Buah Hati sedang menangis. Padahal bisa saja saat ia menangis karena tak punya cara lain untuk mengungkapkan perasaannya. Untuk mengatasi agar Buah Hati segera tenang saat ia menangis, gak ada salahnya jika Bunda memberikan perhatian ekstra kepadanya. Tak perlu menuruti segala keinginannya atau memberikan hadiah,  cukup memeluknya dan ajaklah si Kecil berbicara dengan lembut. 
 

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved