Tips

Cara Mendidik Buah Hati Yang Cengeng

Anak kecil identik dengan menangis, namun jika ia sering menangis tanpa adanya alasan yang jelas pastinya akan mengganggu orang disekitarnya bahkan akan dilabeli dengan sebutan cengeng. Sebagai orang tua, Bunda harus mengetahui faktor penyebab si Kecil menjadi cengeng. Jangan sampai sifatnya ini mengganggu perkembangannya dan menjadi hambatan saat dewasa nanti. Kali ini Konicare merangkum beberapa cara untuk mendidik Buah Hati yang cengeng, simak info berikut ini:

Kenali Karakter Buah Hati

Tak ada orang tua yang tidak mengenali karakter anaknya. Semakin bertambahnya usia, si Kecil akan lebih sering memperlihatkan karakter dalam dirinya. Hal inilah yang menjadi tugas Bunda untuk mengenali sifat dan karakternya. Perhatikanlah saat ia bermain, apakah Buah Hati tipe yang sensitif atau lekas tersinggung? Dengan Bunda mengenali karakternya akan semakin mudah bagi Bunda menentukan pola asuh yang tepat saat Buah Hati sedang menangis.

Jangan Mudah Terpancing

Buah Hati menangis sangat wajar jika memang ada penyebabnya, tapi jika ia menangis meraung dan mengganggu orang lain, Bunda harus cari tahu penyebabnya. Tak sedikit orang tua yang terpancing emosinya menghadapi sikap seperti ini, namun hal ini harus dihindari ya, Bun. Tetaplah tenang dan jangan terbawa emosi, dengan tidak mudah terpancing akan semakin mudah bagi Bunda untuk mengatasi rasa cengengnya.

Berikan Perhatian Lebih

Banyak orangtua yang lebih sering mengancam atau menakuti jika Buah Hati sedang menangis. Padahal bisa saja saat ia menangis karena tak punya cara lain untuk mengungkapkan perasaannya. Untuk mengatasi agar Buah Hati segera tenang saat ia menangis, gak ada salahnya jika Bunda memberikan perhatian ekstra kepadanya. Tak perlu menuruti segala keinginannya atau memberikan hadiah, cukup memeluknya dan ajaklah si Kecil berbicara dengan lembut.

Sambil berbicara, Bunda juga bisa mengoleskannya Konicare Minyak Kayu Putih Plus ke tubuh Buah Hati. Rasa hangatnya membuat Buah Hati merasa nyaman, dan wanginya yang lembut alami tanpa tambahan parfum mampu memberikannya efek tenang. Setiap anak pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan, cengeng bukan berarti ia anak yang manja, tapi bisa saja disebabkan oleh hambatan lain. Apabila Buah Hati bersifat berlebihan hingga mengganggu aktivitasnya, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter anak untuk mengetahui penyebabnya. Semoga tipsnya bermanfaat ya, Bun.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

lina

terimakasih konicare infonya

ayahkembar

makasih infonya

artianfamilia

anak pertama ku cengeng

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved