Anak

Kenali Penyebab Buah Hati Suka Pilih Makanan

Buah Hati yang picky eater atau suka pilih makan memang membuat frustasi ya, Bun. Ada yang menolak makan sayur, atau hanya mau makan yang manis saja sampai makanan cepat saji. Walaupun hal ini wajar di masa pertumbuhan si Kecil, namun Bunda juga harus mengenali kenapa ia bertindak seperti itu agar kebiasaannya ini tidak semakin buruk. Berikut adalah beberapa penyebabnya :

Sensitif Terhadap Makanan

Buah Hati yang suka pilih makanan biasanya ditandakan dengan menyingkirkan, mendorong dan tidak akan makan sama sekali jika memang itu bukan makanan yang ia sukai. Sama seperti orang dewasa, si Kecil pun akan memilih mana makanan yang rasanya ia sukai atau enak di indera pengecapnya dibandingkan yang terasa pahit. Untuk mengatasinya ada baiknya Bunda tidak langsung menyerah atau memaksakan Buah Hati untuk memakannya karena hal ini akan menjadi pengalaman pahit bagi Buah Hati. Cobalah secara perlahan mengenalkannya makanan yang bervariasi atau menyajikan makanan yang sama dua atau tiga kali agar Buah Hati tertarik ingin mencobanya.

Pola Makan Tidak Teratur

Agar si Kecil makan dengan lahap, tak jarang Bunda memberikan dia makanan yang beragam jenisnya mulai dari makanan berat, snack hingga jus dan buah-buahan di waktu yang berdekatan. Hal ini merupakan salah satu pengaruh kenapa Buah Hati akan menjadi pemilih dan tidak mau makan karena kemungkinan sudah merasa kenyang di waktu makannya. Cobalah Bunda untuk tidak memberinya apapun dua jam sebelum jam si Kecil makan, pastinya ia akan merasa kelaparan dan akan memakan semua makanan yang ada di hadapannya.

Makanan Kurang Menarik

Untuk membuat Buah Hati bersemangat tiap waktu makan tidak ada salahnya Bunda berkreasi dengan berbagai menu. Makanan yang dibuat dengan tampilan kreatif akan membuat Buah Hati tertarik menyantapnya meskipun ia tidak menyukai makanan tersebut. Bunda juga bisa memberikan makanan kesukaannya yang dicampurkan dengan ragam makanan lainnya, bisa saja sebenarnya Buah Hati menyukai makanan tersebut namun Bunda tidak mengetahuinya.

Itulah beberapa penyebab Buah Hati suka pilih-pilih makanan, karena itu Bunda harus memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang seimbang di masa tumbuh kembangnya. Dan untuk menjaga Buah Hati dari masuk angin dan perut kembung, jangan lupa selalu mengoleskan Konicare Minyak Kayu Putih Plus sebelum ia beraktivitas. Terbuat dari bahan alami, Konicare Minyak Kayu Putih Plus memberikan kehangatan dan perlindungan dari gigitan nyamuk selaam 8 jam sehingga ia nyaman saat beraktivitas. Kalau Bunda punya pengalaman Buah Hati pilih-pilih makanan? Share yuk!
 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Wiwin58

artikel yang bagus

wulan94

makasih ilmunya sangat bermanfaat❤

Risti

❤️

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved