COMING SOON
Jenis Permainan Untuk Menstimulasi Otak Bayi
January, 11 2016 14:25:45

Bunda salah satu cara mengasah pertumbuhan otak bayi adalah dengan bermain sambil belajar yang bisa dilakukan setiap hari. Beragam permainan sederhana bisa Bunda lakukan bersama si kecil untuk memicu perkembangan otaknya. Para pakar kesehatan anak pun sepakat bahwa stimulasi merupakan cara efektif dalam merangsang kecerdasan anak.

Mengapa? Karena, otak manusia terdiri dari jutaan saraf. Stimulasi diberikan agar terjadi hubungan (network) antara satu saraf dengan saraf lainnya, sehingga otaknya akan lebih mudah menerima dan menyimpan pesan dari luar saat ia memasuki usia sekolah.

Masa the golden age pada anak usia 0-3 tahun adalah masa yang dianjurkan bagi Bunda memaksimalkan stimulasi pada si kecil. Pasalnya, setelah lewat usia tersebut, perkembangan otak anak akan melambat sesuai dengan pertambahan usianya.

Selain diatas, salah satu hal yang juga mempengaruhi pertumbuhan otaknya adalah kualitas tidur yang baik. Pertumbuhan otak bayi akan lebih berkembang ketika bayi sedang tertidur bahkan bisa dikatakan mencapai puncaknya 

Sebagai tambahan informasi, kebutuhan tidur pada bayi usia 0-3 bulan adalah 16-20 jam. Sedangkan bayi usia 3-12 bulan memerlukan tidur 14-15 jam. Dan untuk bayi berusia 1-3 tahun adalah 12-14 jam.

Dibawah ini ada beberapa contoh-contoh permainan sederhana untuk bayi berusia 6 bulan yang dapat menstimulasi pertumbuhan otak si kecil. Bisa dikatakan alat permainan ini sebagai media untuk merangsang otak kanan dan kirinya.

Bunda dapat memilih permainan mendidik yang dapat merangsang perkembangan otaknya. Beberapa mainan untuk bayi usia 6 bulan yakni mainan untuk mencari, mendengarkan, melihat, mengisap jari, dan menirukan, diantaranya : 


1. Pilih permainan yang berwarna-warni

Permainan ini dapat mengembangkan keterampilan visual bayi. Disaat ini mereka senang melihat benda-benda yang berwarna-warni degan bentuk yang beraneka ragam

2. Melempar-lempar benda

Latih bayi memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lain, kegiatan ini membantu mengembangkan perkembangan otak bayi, kemampuan motorik halus, dan keterampilan mengkoordinasikan gerakan tangan dan mata.

3. Merekam suara

Permainan merekam suara bayi dapat mengembangkan kemampuan berbahasa kelak.

4. Mengajak bercanda dengan gerakan.

Permainanan aktifitas menendang akan membantu bayi mengembangkan kemampuan motoriknya.

5. Mengajak ngobrol

Banyak kata yang didengar bayi dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi dalam mengolah kata.

6. Bernyanyi dan menari

Permainan ini akan membantu otak bayi berkembang, karena bayi sangat menyukai musik.

7. Menyembunyikan mainan

Permainan menyembunyikan mainan bayi , membantu menstimulasi rasa ingin tahu, yang sangat penting baginya untuk belajar.   

8. Bawa bayi bercermin

Permainan ini akan membantu bayi mengenal dirinya dan membantu mengembangkan kemampuan visualnya.

9. Berikan mainan yang berbunyi, permainan ini untuk merangsang otak bayi.

Permainan merupakan awal dari perkembangan anak, maka sebagai orangtua harus bisa memilih permainan yang mendidik bayi, supaya dikemudian hari bisa tahu mana yang bermanfaat, dan bisa mengembangkan perkembangan otak bayi dalam masa pertumbuhannya.



Page
Related Post