COMING SOON
Cara Mudah Agar Si Kecil Gemar Membaca
August, 31 2015 15:04:41

Buku adalah jendela dunia. Bunda pasti sering sekali mendengar ungkapan tersebut.. Dengan membaca buku, selain dapat memperluas wawasan membaca juga dapat mengubah dunia. Bayangkan jika hal ini bisa terjadi pada si kecil. Bunda pasti akan sangat bangga kepadanya.

Sayangnya di era yang canggih dimana informasi tidak melulu melalui buku, kebiasaan membaca buku semakin tergerus oleh waktu. Lihat saja, sehari-hari anak-anak kini lebih sering berkutat dengan gagdetnya (ipad, handphone dll) dari pada membaca buku. Bagi anak-anak membaca dianggap membosankan dan membuang waktu. Nah Bunda berikut ini ada beberapa tips agar si kecil gemar membaca buku.

1. Dongeng sebelum tidur Kecil namun besar manfaatnya, inilah yang terjadi jika Bunda mendongengkan cerita kepada si kecil sebelum tidur. Selain mempererat hubungan Bunda dengan si kecil, dongeng juga dapat membuat si kecil penasaran dengan cerita-cerita selanjutnya dari buku yang Bunda bacakan. Si kecil pun akan semakin tertarik untuk membaca buku.

2. Perpustakaan kecil di rumah Jangan ragu untuk menyediakan space atau ruangan di rumah untuk membaca. Buat space tersebut dengan nyaman, dengan tata buku dan tata pencahayaan yang baik agar si kecil betah berlama-lama membaca buku.

3. Ajak si kecil ke perpustakan Saat liburan, tidak ada salahnya sesekali Bunda mengajak si kecil ke perpustakaan umum. Pengalaman melihat banyak buku dan ditata dengan rapi, memberikan pengalaman baru baginya dan akan terus dingatnya. Bunda juga boleh menemani si kecil sambil membaca buku-buku lainya.

4. Bacakan list belanjaan Saat berbelanja kebutuhan sehari-hari, Bunda bisa meminta tolong si kecil untuk membacakan daftar belanjanya. Kegiataan ini pun dapat memperlancar kemampuan membacanya.

5. Memasak bersama-sama Banyak cara untuk bisa menghabiska waktu bersama dengan si kecil. Bermain sambil belajar, kenapa tidak di coba. Salah satunya adalah dengan memasak bersama-sama dengan si kecil. Minta si kecil untuk membacakan resepnya. Dijamin, si kecil pasti akan senang.***



Page
Related Post