COMING SOON
Cara Asik Bermain Sambil Belajar
October, 27 2015 13:39:53

Bunda, dunia bermain bagi si kecil adalah hal yang paling menyenangkan. Tidak lain yang ada dibenaknya untuk si kecil berusia 1-6 tahun adalah bermain. Terkadang tidak sedikit pula, Bunda mengalami kesulitan saat mengajak si kecil untuk belajar.

Jika si kecil memang masih ingin bermain, salah satu cara yang bisa Bunda lakukan adalah dengan bermain sambil belajar. Bunda bisa menjadikan sarana bermain sambil belajar sebagai cara yang menyenangkan dalam pendidikan anak usia dini.

Bermain sambil belajar memiliki manfaat bagi si kecil. Dengan bermain sambil belajar secara tidak langsung, Bunda sedang menstumulasi otak si kecil agar menangkap berbagai macam informasi.

Otak si kecil akan merekam ingatan-ingatan tersebut menjadi informasi yang akan diingat hingga ia dewasa kelak.Tentunya rangsangan serta stimulus yang diberikan haruslah pengalaman yang menyenangkan.

 

Dengan mengajak buah hati melakukan permainan yang seru dan mengasah keterampilan, sesungguhnya merupakan ajang bermain sambil belajar. Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan dalam hal bermain sambil belajar. Contohnya :

1. Bunda bisa mengajaknya ke kebun binatang. Disini si kecil dapat bermain sambil belajar mengenai jenis-jenis binatang, jenis makananya, ciri-ciri binatang tersebut dan lain sebagainya.

2. Bunda juga bisa mengajak si kecil bermain ular tangga. Saat bermain ular tangga, Bunda bisa mengajarkan kepada si kecil tentang penjumlahan (menghitung titik pada mata dadu, belajar bentuk-bentuk angka, dari angka yang tertera pada papan permainan dan lain-lain.   

3. Di era yang serba digitalisasi ini, tidak ada salahnya juga memperkenalkan si kecil mengenai gadget. Banyak hal yang bisa ajarkan kepada si kecil via smartphone atau ipad. Bunda bisa mendowload berbagai macam aplikasi permainan mengasikkan sambil bermain untuk si kecil. Disini Bunda bisa mengajarkan si kecil mengenai berbagai macam bentuk angka, warna, aneka kendaraan, macam-macam lagu dan lain sebagainya.

Satu hal saat belajar sambil bermain via gadget adalah si kecil di manjakan dengan visualisasi yang dijamin tidak akan membosankan. Si kecil akan cepat menangkap apa yang dipelajarinya. Namun perlu di ingat ya Bunda, saat belajar dengan gadget Bunda harus tetap menemani dan mengawasinya. 

4. Bermain sambil belajar lainnya yang bisa dilakukan oleh si kecil adalah mewarnai gambar kesukaanya bersama-sama. Dengan menggambar dapat memberikan kesempatan bagi si kecil untuk memiliki ruang kreativitas yang lebih baik dari menghafal.


Lewat menulis ataupun menggambar, setidaknya ada empat kecerdasan yang dilatih, yaitu cerdas gerak, gambar, diri, dan cerdas bahasa. Cerdas gerak yakni saat si kecil membuat gambar, dia sedang melatih gerakan tangannya. Sementara, cerdas gambar adalah bagaimana si kecil bisa membuat berbagai bentuk yang mereka gambar.

Cerdas diri, melalui gambar, si kecil bisa membuat gambar yang sesuai dengan imajinasi mereka. Adapun cerdas bahasa, anak mampu mengungkapkan apa yang ingin mereka katakan lewat apa yang mereka gambar. Saraf motorik halus dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang berkelanjutan dan rutin.



Page
Related Post