COMING SOON
Percaya Mitos ? Baca Ini Dulu Bunda
May, 25 2015 18:00:00

Bunda, dijaman yang serba modern ini masih ada sebagian masyarakat disekitar kita yang percaya dengan berbagai mitos yang hingga kini belum dibuktikan kebenaranya. Berbagai mitos yang berkembang di masyarakat antara lain mitos mengenai makanan, mitos kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan para orang tua yang akhirnya justru mengganggu perkembangan anak itu sendiri. Beberapa mitos yang patut Bunda ketahui, yakni:

1. Ngempeng
Beberapa Bunda menggunakan empeng pada bayi, namun ada juga Bunda yang tidak menginginkan anaknya menggunakan empeng. Hal ini sah-sah dilakukan para Bunda. Mitos yang berkembang di masyarakat yakni penggunaan empeng pada anak akan memperlambat anak berbicara. Hingga kini tidak ada indikasi bahwa anak yang senang mengisap empeng rentan terlambat bicara.

2. Jari Tangan dan Jari Kaki Ditutup
Banyak Bunda yang memakaikan sarung tangan dan sarung kaki pada bayinya. Hal ini boleh Bunda lakukan, jika udara dingin dan juga menghindari bayi terluka dari benda di sekitarnya. Jika tidak dengan kedua tujuan di atas, sebaiknya bayi jangan dipakaikan kaos tangan dan kaos kaki. Perlu Bunda ketahui, pemakaian kaos tangan dan kaos kaki pada bayi dapat menghambat perkembangan indra perabaan bayi.

3.Sering Menggendong Bayi
Satu lagi mitos yang sering Bunda dengar disekitar kita adalah jangan terlalu sering menggendong bayi anda. Jika terlalu sering digendong oleh kedua orang tuanya, kelak anak tersebut akan menjadi anak yang manja. Hati-hati Bunda dengan mitos ini, karena justru riset menemukan bahwa anak-anak yang sering mendapat pelukan, digendong serta kehangatan dari kedua orang tuanya, akan membuat anak lebih percaya diri serta kemampuan beradaptasi yang lebih kuat.

4. Penggunaan Gurita
Banyak Bunda yang masih menggunakan gurita pada bayinya agar perut tidak kembung dan merasa hangat. Perlu Bunda ketahui jika gurita tidak ada hubungannya dengan hal tersebut. Justru sebaliknya, penggunaan gurita pada bayi dapat mengakibatkan organ dalam tubuh bayi kekurangan ruangan dan juga bisa mengakibatkan bayi tidak leluasa bernapas. Dinding perut bayi pun masih lemah. Dianjurkan jangan menggunakan gurita agar organ-organ tubuh bayi bebas berkembang.

5. Bedong Bayi
Membedong bayi merupakan tindakan yang fatal dilakukan oleh para Bunda. Mitos yang berkembang yakni bedong dilakukan agar kaki bati tidak berbentuk X atau O. Membedong bayi justru bisa mengakibatkan peredaran darah terganggu, dan jantung akan bekerja lebih berat sehingga bayi dapat menderita penyakit pernapasan. Bukan hanya itu dengan membedong bisa menghambat motorik bayi, sebab tangan dan kakinya tidak leluasa bergerak. Membedong bayi sebaiknya dilakukan pada saat bayi selesai mandi, itupun jika udara sangat dingin, dan bedong dalam keadaan longgar.

Penting Bunda ketahui di negara yang sinar mataharinya cukup, tidak akan kita temui orang berkaki X atau berkaki O. Kondisi ini akibat adanya gangguan pada kelenjar parathyroid. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kadar penyerapan kalsium serta pembentukan tulang. Jika orang yang menderita kaki X atau O bukan karena tidak dibedong sewaktu bayi.



Page
Related Post