COMING SOON
Nutrisi Bagi Ibu Hamil
April, 07 2015 15:21:26

Nutrisi Penting Ibu Hamil Di selain menambah staminan dan menjaga daya tahan tubuh ibu hamil makanan yang tepat juga dapat menyehatkan janin yang dalam proses pertumbuhan. Trimester Pertama

Memiliki buah hati merupakan dambaan bagi semua pasangan suami istri. Anda pun seakan tidak sabar untuk segera menimang si buah hati. Berbagai persiapan mulai dari nutrisi, perlengkapan si buah hati hingga proses kelahiran selintas sudah ada dalam benak Bunda ketika mengetahui hamil.

Namun satu hal yang perlu Bunda ketahui saat memasuki semester pertama kehamilan adalah pemenuhan makanan bernutrisi tinggi. Selain untuk menambah stamina dan menjaga daya tahan tubuh Bunda, makanan bernutrisi tinggi ini dapat menyehatkan janin dalam proses pertumbuhannya. Selain itu, perubahan hormon Bunda saat 3 bulan pertama turut mempengaruhi stamina seperti mudah lelah dan kurang berstamina.

Begitu pentingnya nutrisi makanan di semester pertama ini, Bundapun harus memperhatikan nutrisi asupan makanan yang akan di konsumsi. Berikut ini beberapa makanan yang wajib Bunda konsumsi di awal semester pertama kehamilan.

  1. Sayuran

    Jika Bunda termasuk tipe orang yang tidak suka sayuran, disarakan untuk mulai menyukai sayuran mulai saat ini. Bahkan dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur-sayuran. Serat dan berbagai vitamin yang terkandung dalam sayuran diyakini sangat baik untuk perkembangan janin dan juga menambah stamina Bunda.

    Beberapa sayuran yang disarankan seperti bayam karena mengandung zat besi yang tinggi yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin di dalam tubuh Bunda. Selain itu sayur sayuran juga dapat mengurangi rasa mual yang terjadi pada Bunda.

  2. Buah Buahan

    Buah-buahan menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh Bunda dan juga janin. Buah-buahan bermanfaatuntuk menambah stamina ibu hamil danjuga untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan, salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah pisang dan apel.

    Buah pisang mengandung kaya akan asam folat yang sangat baik untuk perkembangan sel sel otak bayi di dalam kandungan. Buah pisang juga dapat menjadi camilan ringan saat lapar melanda atau makanan penutup. Usahakan untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya agar vitamin terpenuhi.

  3. Ikan atau Seafood

    Ikan atau seafood menjadi salah satu makanan bergizi tinggi yang harus dikonsumsi saat Bunda mengandung. Kandungan Vitamin A, Protein dan Omega 3 yang terdapat pada ikan, sangat baik bagi perkembangan janin. Berbagai varian ikan yang bisa Bunda konsumsi yakni salmon, ikan kembung, ikan gurame, ikan cod udang, ikan mas, ikan nila dan tuna yang bisa dimasak sesuai dengan selera Bunda. Usahakan untuk mengkosumsi ikan total 12 ekor per minggu,

  4. Susu dan Produk Olahan nya

    Selain keempat makanan diatas yang wajib Bunda penuhi saat hamil, susu pun menjadi salah satu asupan yang harus dikonsumsi. Susu beserta produk olahanya seperti yoghurt, keju dan lain-lain mengandung berbagai Vitamin, Kalsium, Protein yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, pertumbuhan otak dan sel-sel tubuh janin. Usahakan untuk mengkonsumsi susu minimal sehari segelas.

  5. Kacang- kacangan dan Sereal

    Makanan bernutrisi tinggi yang menjadi perhatian Bunda adalah kebutuhan akan makanan Sereal. Sereal menjadi penting karena mengandung karbohidrat, Vitamin B, serta kalsium yang dibutuhkan bayi dan meningkat kan kondisi tubuh Bunda. Selain itu, sereal jugamakanan yang kaya akan serat yang sangat baik untuk tubuh.

Untuk kacang-kacangan Bunda bisa mengkonsumsi kacang kedelai dan kacang hijau. Jenis makanan ini dianjurkan untuk di konsumsi setiap harinya karena memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi seperti Vitamin B dan asam folat.



Page
Related Post