Judul Thread > Tips agar anak percaya diri

1 of 1 Pages
  • 1
Nov 25, 2014, 09:55 AM
#1

fikaratna 29 October 2014
fikaratna
Forum Post: 24 member since
29 October 2014

Kalau anak bunda pemalu, bisa didik rasa percaya diri anak, dengan lakukan di bawah ini. Semoga bermanfaat.
1. Sensitif pada kebutuhan anak
Penuhi apa yang menjadi kebutuhan anak sejak ia masih bayi. Kebutuhan itu pastinya bukan hanya sandang, pangan, dan papan, melainkan juga kasih sayang dan perhatian bagi anak.

2. Belajar dari kesalahan
Jika anak berbuat salah, jadikan itu proses belajar baginya. Melalui proses belajar itu, anak akan belajar bertanggung jawab dan belajar bahwa segala sesuatu ada risikonya.

3. Berikan pujian
Kenali kebaikan anak dan berilah pujian. Tapi, berhati-hatilah dalam memuji. Misalnya: ketika dia berhasil menghabiskan sayuran yang dihidangkan, katakan padanya: “Hebat, kamu sudah menghabiskan sayuranmu. Sayuran bagus bagi pertumbuhan tubuhmu”. Dengan memuji secara spesifik, anak akan belajar untuk melakukan hal-hal yang baik untuk ia lakukan bagi dirinya.

4. Fokus pada kelebihan anak
Bantu anak untuk menemukan kelebihan dalam dirinya dan mengembangkannya. Fokus pada kelebihan anak, bukan pada kekurangannya. Kekurangan ini juga jangan menjadi titik perhatian untuk terus menerus dikoreksi. Justru cobalah bertoleransi dan tidak mematok harapan terlalu tinggi.

5. Jaga kedekatan dengan anak
Sesibuk apapun Anda, tetap jaga kedekatan dan komunikasi Anda dengan anak. Kedekatan dan perhatian Anda membuat anak merasa kehadiran mereka memang penting. Jadikan weekend waktu kebersamaan keluarga. Pergi ke mal boleh saja, tapi untuk kebersamaan dengan anak, bukan jadi ajang Anda window shopping.
Sumber: parenting.co.id

Jul 16, 2018, 10:44 AM
#2

26 April 2024

Forum Post: member since
26 April 2024

Infonya bermanfaat sekali bunda. Aku mau memberi tambahan apa saja yang bisa dilakukan supaya anak percaya diri seperti menjadi contoh bagi anak, lingkungan harus sehat, berikan anak kesempatan bermain dan melatih kemandirian. Takutnya saya salah menjelaskan, bisa langsung cek di https://bebeclub.co.id/article/tips-advice/menghadapi-anak-pemalu-dan-tidak-percaya-diri/

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved