Judul Thread > Cara cegah ruam popok

1 of 1 Pages
  • 1
Nov 06, 2014, 09:31 AM
#1

mamarehan 11 September 2014
mamarehan
Forum Post: 37 member since
11 September 2014

Ruam popok atau yang biasa disebut dengan diaper rash, merupakan penyakit kulit pada bayi berupa timbulnya rasa gatal dan perih yang disebabkan tumbuhnya jamur Candida. Untuk mencegah si Kecil mengalami hal ini, yuk lakukan perawatan bayi seperti berikut:

1. Ganti popok sesering mungkin
Jamur penyebab penyakit kulit ini sangat menyukai tempat yang lembap dan hangat seperti permukaan kulit bayi yang tertutup rapat, sehingga sangat penting untuk menjaga popoknya tetap kering.

2. Berikan udara untuk kulitnya
Sesekali Ibu perlu membiarkan kulit si Kecil bernapas dengan membuka popoknya dan membiarkan bagian pantatnya terbuka selama beberapa saat. Hal ini akan membantu mengurangi pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan ruam dan gatal pada kulitnya.

3. Hindari penyebab iritasi
Selain jamur, ruam popok juga bisa timbul akibat iritasi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif. Untuk menghindari hal ini, minimalkan penggunaan sabun, cairan pembersih, dan produk perawatan bayi yang mengandung alkohol serta pewangi.

4. Gunakan popok dengan benar
Untuk mencegah timbulnya ruam pada bayi, Ibu harus memerhatikan penggunaan popoknya setiap hari. Hindari memasang popok terlalu rapat karena hal ini membuat kulit pantat si Kecil lembap saat ia berkeringat atau buang air kecil dan air besar.

5. Pilih popok yang tepat
Jika Bunda sudah melakukan perawatan bayi dengan benar tetapi si Kecil tetap saja terkena ruam, cobalah untuk mengganti merek popoknya. Pilihlah popok yang memiliki daya serap lebih baik sehingga kulit bayi tercinta tetap kering meski menggunakannya dalam waktu lama. Selain itu, jangan lupa juga konsultasikan kondisi kulit bayi dengan dokter terpercaya untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Meski bukan penyakit yang berat, ruam popok tentu sangat mengganggu kenyamanan si Kecil karena rasa gatal dan perih yang ditimbulkan. Jadi, jangan ragu melakukan 5 perawatan bayi ini karena sangat ampuh mencegah timbulnya ruam popok pada si Kecil.
Sumber: ibudanbalita.com

Nov 06, 2014, 09:38 AM
#2

fikaratna 29 October 2014
fikaratna
Forum Post: 24 member since
29 October 2014

anakku ganti popok sehari bisa lima kali hehe

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved