COMING SOON
Menjaga Kesehatan Anak di Usia 2 Tahun
May, 10 2017 08:27:28

Anak memiliki daya tahan tubuh yang relatif lebih rentan dibandingkan orang dewasa. Apalagi bagi balita usia di bawah dua tahun. Menjaga kesehatan anak di bawah usia dua tahun tentunya tidak bisa disamakan dengan ketika kita ingin menjaga kesehatan diri sendiri. Yuk, ketahui beberapa tipsnya.

Membiasakan Si Kecil untuk Mencuci Tangan Sebelum Makan

Setelah bermain dan merasa lapar, anak akan meminta makan atau camilan yang ada di atas meja. Biasakan untuk mencuci tangan Si Kecil sebelum memberikan makanan untuknya. Mulut adalah “pintu masuk” bagi kuman dan bakteri untuk menjangkau tubuh Si Kecil sehingga jika Si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang rendah, penyakit akan mudah menyerang seperti diare karena kurang menjaga kebersihan.

Menjaganya Agar Tetap Hangat

Di musim penghujan gangguan kesehatan yang sering muncul adalah masuk angin. Udara yang dingin tak hanya membuat kita sebagai orang dewasa menggigil, tapi juga Si Kecil. Pastikan Si Kecil untuk memakai pakaian tebal agar tidak kedinginan. Selain itu untuk membuatnya tetap hangat, oleskan Konicare Minyak Telon Plus ketika selesai mandi. Oleskan pada punggung, perut, dan telapak kaki Si Kecil secukupnya. Minyak ini akan membuatnya tetap nyaman dan hangat dengan aroma yang segar. Si Kecil yang kedinginan bisa masuk angin dan hal ini akan membuatnya tidak nyaman.

Mencuci Kaki Sebelum Tidur

Selelah apa pun Si Kecil setelah beraktivitas, cucilah kakinya terlebih dahulu sebelum menidurkannya. Tak hanya tangan kotor yang bisa membuatnya terserang penyakit, kaki yang kotor pun juga. Apa lagi jika Si Kecil bermain di luar tanpa alas kaki. Menjaga kebersihan adalah cara utama untuk menghindarkan Si Kecil dari penyakit. Kaki dan tangan yang bersih akan membuatnya tidur lebih nyaman tanpa rasa gatal akan kuman atau bakteri yang menempel di kulit saat bermain.

Memberikan Makanan yang Bergizi

Memberi anak makanan bergizi adalah cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam karena menjaga kebersihan dari luar saja tidak cukup. Dalam menu makan Si Kecil pastikan Bunda selalu menyertakan sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan anak. ASI juga merupakan makanan terbaik yang kaya nutrisi untuk balita usia kurang dari dua tahun. Jika Si Kecil kurang suka sayuran dan bosan dengan buah itu-itu saja, maka cobalah untuk memberinya buah yang lain karena ada banyak sekali macam buah dan masing-masing kaya kandungan vitamin.

Istirahat Cukup

Pastikan Si Kecil mendapatkan waktu istirahat yang cukup tak peduli sepadat apapun aktivitasnya. Tidur adalah cara paling ampuh untuk mengembalikan energi sehingga tubuh tetap akan segar dan fit untuk bergerak. Kurang tidur pada Si Kecil akan membuatnya lemas dan melemahkan kekebalan tubuhnya, sama halnya seperti orang dewasa. Oleh sebab itu, usahakan agar Si Kecil bisa mendapatkan tidur yang berkualitas untuk bisa benar-benar memulihkan energinya.

Imunisasi Lengkap

Salah satu upaya dasar menjaga kesehatan anak adalah dengan rajin memberikan imunisasi. Berikan imunisasi lengkap untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Imunisasi ini biasanya dilakukan secara bertahap setiap kali balita memasuki usia tertentu. Jangan sampai melewatkannya ya, Bunda. Imunisasi ini bisa meminimalisir risiko gangguan kesehatan yang mungkin akan menyerangnya kelak.

Sudah tugas kita sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak agar terhindar dari penyakit yang umum menyerang ketika cuaca sedang tidak menentu seperti sekarang ini. Anak usia dua tahun lebih rawan terkena penyakit. Lakukan cara-cara di atas untuk mengurangi risiko tersebut. yuk, jaga kesehatan Si Kecil semaksimal mungkin.

 

Photo credit: Myriams-Fotos (pixabay.com)



Page
Related Post